Rabu, 16 September 2009

Wanita dan Ramadhan


sahabat, kita udah memasuki sebuah bulan yang terindah dalam setahun. Kalo orang bilang, bulan itu adalah bulan penuh rahmat dan barokah, tak ayal lagi menjadi bulan yang ditunggu-tunggu oleh semua kaum muslimin di dunia, termasuk kita para muslimah, ehem. Gimana engga’? Pada bulan ini, Allah mengobral abis-abisan pahala, ampunan, rahmat dan lain-lain. Ga ketinggalan, mall-mall dan pasar juga pada ngobral discount gedhe-gedhean. Gubraks.!! Shopaholic deh..

Eits…, apa benar, tidak semua kalangan menyambut bulan Ramadhan dengan suka cita dan kerinduan? Memang ada sebagian kecil remaji seusia kalian yang nganggap Ramadhan sebagai bulan “penyiksaan” yang nyebelin banget. Coz di bulan ini ada larangan makan minum, padahal sang mentari lagi asyik mejeng manasi kita, dan bikin kerongkongan kering dahaga bak di tengah Sahara. Pacaran pun, jadi ga sebebas di bulan-bulan laen…(duuh emang sejak kapan boleh pacaran?? Sejak nikah kali ya… Inga’-inga’! yang namanya pacaran sebelum nikah tuh hukumnya haram, ga peduli bulan Ramadhan ato bulan yang lain.), belum lagi kudu melek ampe larut malam buat sholat tarawih. Dan kudu bangun lebih awal untuk makan sahur. Seharian badan bakalan jadi anget dan lemes gulita. Nafas pun jadi bau, sewangi bunga melati yang didiemin di air comberan. Wuueckx… Padahal nih, buat para cewek yang jaim banget, ogah donk kalo pas ngomong, tidak hanya mengeluarkan suara tapi juga bau mulut. Warnanya hijau lagi. Amit-amit, naudzubillah, jangan sampe dech kita punya pemikiran kayak gini.

sahabat, sayang banget lho …padahal neh, kalo kita ngerti “ada apa di balik Ramadhan” chiee.., ada apa yaaaa??? Kita tanya kepada kekasih Allah yuuk! Nabi Muhammad habibullah pernah bersabda “Wahai manusia! Sungguh telah datang pada kalian bulan Allah dengan membawa berkah, rahmat, dan maghfirah. Bulan yang paling mulia di sisi Allah. Hari-harinya adalah hari paling utama. Malam-malamnya adalah malam yang paling utama. Jam demi jamnya adalah jam-jam paling utama. Inilah bulan ketika kamu diundang menjadi tamu Allah dan dimuliakan-Nya. Di bulan ini nafas-nafasmu menjadi tasbih, tidurmu adalah ibadah, amal-amalmu diterima, dan doa-doamu diijabah”. Tuh Neng, makanya kita kudu bener-bener manfaatin bulan Ramadhan ini untuk mendapatkan yang terbaik di sisi Allah. Jadi gals, salah banget kalo kita nganggepnya sebagai bulan “penyiksaan”, padahal kita tahu betapa banyak anugerah yang berlipat-lipat dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Trus gimana donk, biar kita bisa ngedapetin berbagai anugrah dan berkah Allah di bulan Ramadhan?

Oke, masih semangat baca kan? Kalo ga semangat nanti jadi brewok lho. Nah, tips yang pertama, jangan lupa niat. Yup, niatkan semua amalan kita di bulan Ramadhan semata hanya demi Allah SWT, bukan demi ortu, demi teman, demi guru ato demi si Ehem, apalagi demi kian. Gubraks. Waduh-waduh…. Tips yang kedua, kita harus lakukan ibadah wajib dan perbanyak ibadah sunah. Meski tidurnya orang puasa itu dinilai ibadah (beda dengan tidurnya orang yang ga puasa), namun apakah kita rela kehilangan pahala-pahala lain yang lebih gedhe yang sudah disiapkan Allah, just in Ramadhan?? Oh, tentu tidak!!. Contohnya baca Qur’an, sholat malam, shodaqoh dll. Gals, bulan Ramadhan hanya kita jumpai sekitar 30 hari aja. Belum tentu kita bisa ketemu ama Ramadhan taon depan. Trus tips yang ketiga, jangan tinggalkan catatan hitam di bulan Ramadhan-mu, dengan kata lain, ojo maksiat, seperti berdusta yang bisa ngurangi pahala puasa kita. Jangan-jangan, pahala dan dosa kita impas tuh, cuman dapet lapar dan haus doank, iih rugi donk. Oh ya, agar lebih bermakna lagi neh, mari kita jalani puasa ini secara hakiki. Maksudnya? Gini lho neng, puasa yang hakiki tuh adalah puasa yang punya efek ga hanya pas di bulan Ramadhan aja. Justru kesungguhan puasa kita tuh dinilai setelah Ramadhan hingga Ramadhan taon berikutnya. Dengan kata lain, kesungguhan ibadah kita selama bulan Ramadhan kudu tetap dipertahankan bahkan ditingkatkan di bulan-bulan sesudahnya. Bukankah umat yang baik adalah yang bermotto “hari esok harus lebih baik dari hari ini”? Jangan sampai selama Ramadhan, kita disibukkan hanya dengan menyiapkan hidangan buka, sahur atau kue-kue menyambut lebaran, palagi cuman sibuk menyiapkan baju lebaran, sehingga melalaikan ibadah. Sadar lho mbak.

Oh ya sahabat, sebagai cewek, biasanya kita tidak bisa full berpuasa selama sebulan, karena ada masa haid sekitar seminggu. Nah, di era modern seperti sekarang, ada beberapa muslimah, yang saking semangatnya menjalani ibadah di bulan Ramadhan, sampai-sampai dia menenggak pil pencegah haid, dengan alasan pengen sama seperti para ikhwan (laki-laki) yang bisa full berpuasa sebulan. Duuh…ini yang namanya semangat yang out of control. Gals, perlu disadari kalo Allah menciptakan wanita sudah satu paket dengan haid, dan ini sudah qadha’ Allah (takdir), jangan diubah-ubah. Alasan ga bisa beribadah selama masa haid itu salah TOTAL. Selama masa haid kita masih bisa menggapai pahala Allah lewat ibadah yang lain, misalnya berdakwah, yang merupakan kewajiban. Kita juga bisa menghadiri majlis taklim, bikin acara kerohanian di sekolah atau kampung, mengisi pengajian, de-el-el. Malah, selama masa haid kita akan punya waktu panjang untuk beraktifitas lebih daripada yang berpuasa, karena kita bebas refill bahan bakar kita agar lebih berstamina lebih, hehe…. Belum lagi, dari segi kesehatan, ga baik lho minum pil kayak gitu, bahaya buat sistem reproduksi kita. Nah, siapa yang mau mendzolimi dirinya sendiri? Awas lho, bisa-bisa dilaknat Allah, naudzubillah. Allah SWT berfirman, “Janganlah kalian mendzalimi diri-diri kalian pada bulan-bulan haram itu (dengan melakukan perbuatan yang dilarang).” (At-Taubah: 36). Ingat ya…

sahabat, sebenarnya masih banyak tips yang lain, yang bisa kamu baca di berbagai sumber media, yang bakal nambah wawasan kamu, supaya bisa maksimal menjalani ibadah haqiqi di bulan Ramadhan. Ok, tetep semangat, jaga stamina, dan iiyuuk jelang Ramadhan penuh barokah!!

0 komentar:

Posting Komentar

aku tunggu ya.....